Selasa, 27 Maret 2012


        Hal ini juga terjadi pada pesawat "RC Aeromodeling". Oleh karena itu, bagi yang suka dengan dunia penerbangan tetapi tidak bisa menerbangkan pesawat sungguhan, boleh memainkan pesawat rc ini untuk sekedar melihat bagaimana cara kerjanya atau hanya sekedar untuk refresing (santai).

Sumber, http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5852291

        Pesawat RC bukanlah mainan untuk anak kecil, karena menerbangkannya adalah suatu hal yang kompleks. Maksudnya tidak seperti menekan sebuah tombol untuk mendarat atau menekan sebuah tombol untuk terbang, melainkan menggunakan imajinasi yang tinggi dimulai dari menerbangkan, bermanufer, dan akhirnya mendarat, semua ini dilakukan dengan analog pada remote control pesawatnya. Jika dimainkan oleh anak kecil, kemungkinan akan crash, dan harus merogoh kocek besar, karena hobi ini tergolong hobi yang mahal.

Berikut postingan saya tentang RC Plane dan RC Copter yang menurut saya keren, hehe........



RC PLANE CESNNA 310 :

Di Landasan
                                           

Bersiap


Terangkat



Mengudara


Spesifikasi:

1100mm Panjang
Lebar sayap 1280mm
Berat 1200g 
Fitur:
Power System: Brushless 2x runner 3300Kv Out?
Elektronik Speed Controller: 25A Brushless 2x
4x 9g Servos dengan roda gigi nilon
4  Channel Plane; Kerja ailerons, Lift, Rudder, Throttle dan mampu mengarahkan roda hidung.
Termasuk landing gear tetap, mengarahkan roda hidung dapat dengan suspensi.
Termasuk baling-baling 2x 3-blade dengan chrome berlapis spinner

Baterai: 11.1v 2200mAh 20C Li-Po.

       Dilihat dari spec'a saya menyimpulkan pesawat rc ini dapat terbang outdoor (luar ruangan), tetapi dengan cacatan tidak dicuaca yang berangin kencang karena pesawat ini tergolong berukuran kecil dan masih menggunakan tenaga baterai dan saat hujan karena dapat merusak elektronika'a.




FLASH 450 V2 3D :

  
Fitur-fitur :
  • Kerangka utama tebuat dari karbon fiber dengan ketebalan 1.2 mm.
  • Perangkat utama lain seperti layaknya rotor head utama, swashplate, tail rotor case terbuat dari CNC T7 aircraft alloy dengan anodized hitam.
  • Blok untuk semua servo terbuat dari T7 aircraft alloy yang mempermudah proses instalasi ataupun perawatan servo serta menambah kekakuan rangka karbon utama.
  • Menggunakan motor brushless Outrunner 3550Kv dengan kipas pendingin internal, menjanjikan performa motor yang tinggi dan konsisten dalam manuver 3D.
  • ESC 40 Amps yang akan mensuplai arus listrik secara konsisten dan optimal dalam setiap penerbangan tanpa harus mengkhawatirkan kemungkinan overheat/terbakarnya ESC akibat pemberian beban arus listrik berlebih terutama saat penerbangan 3D.
  • Swashplate 140 derajat yang memberikan kontrol lebih presisi dibandingkan dengan produk terkenal swashplate 120 derajat pendahulunya.
  • Desain Tail Rotor Pitch Slider yang unik dengan menggunakan alloy dan ball bearing dengan tujuan memberikan kontrol ekor yang sangat presisi dalam setiap keadaan penerbangan.
  • Proses pembuatan ball joint plastik yang presisi sehingga mengurangi efek `slack` pada setiap sambungan aileron, elevator, pitch maupun tail rudder secara keseluruhan dengan tujuan meningkatkan presisi gerakan kontrol servo terhadap manuver helicopter.
  • Sangat memudahkan aeromodeller untuk melakukan proses perawatan/servis helicopter terutama pada bagian servo siklik aileron dan elevator. Terima kasih pada desain unik alloy servo blok Flash 450 V2-3D.
  • Suku cadang yang sebagian besarnya (80%) kompatibel dengan produk helikopter terkenal Taiwan lainnya yaitu Align Trex 450 (versi S ataupun SE).

    Sudah pasti sangat hebat di outdoor, dengan teknologi 6 channel (maju, mundur, putar kiri, putar kanan, serong kiri, serong kanan, + manufer seperti rollercoster), dengan 2,4Ghz (lebih gesit), masih menggunakan baterai tetapi cukup tahan lama, ketinggian terbang bisa mencapai 200 meter dan jarak kontrol sekitar 200 meter lebih, serta bisa dipasang aksesoris seperti wallcamera sehingga kita bisa melihat dari atas melalui heli rc ini.

    Ini ada video heli rc'a :





             Sekian postingan saya tentang hobi saya, ada tips ni : jika anda berminat dengan hobi seperti ini tapi terlalu mahal, anda bisa membuat'a sendiri, body pesawat buat dari gabus atau sterofoam dan rangkaian elektronika'a seperti propeler (baling-baling), rotor (dinamo), esc (elektronik speed control), receiver (penerima sinyal radio), baterai khusus pesawat rc, 4 buah servo (penggerak sayap), dan remot kontrol'a sulit untuk didapatkan, tapi bisa di order melalui internet.

           Dan cara pembuatan'a bisa dilihat di google atau youtube. (Rangkaian elektronik'a sudah diurutkan sesuai prosedur pemasangan'a).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar